Minggu, 14 Juni 2015

Bisul - Furunkel

Gambar : Bisul Pada Kulit

Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh.

Gejala
Pada umumnya bisul dimulai sebagai memerah, daerah tender. Seiring waktu, daerah itu menjadi tegas, keras, dan lembut. Akhirnya, pusat mendidih lembut dan menjadi penuh dengan melawan infeksi sel darah putih dari aliran darah untuk membasmi infeksi. Ini kumpulan sel darah putih, bakteri, dan protein dikenal sebagai nanah. Akhirnya, nanah dapat operasi dibuka atau secara spontan mengalir keluar melalui permukaan kulit.

Pengobatan
Obat untuk mengobati bisul, sesuai dengan penyebabnya, adalah antibiotik, bisa berupa topikal (dioleskan) ataupun oral (tergantung jenis furunkel). Namun sesudah diberikan antibiotik, guna mencegah bisul tersebut kambuh kembali, disarankan untuk menjaga kebersihan daerah tersebut. Dalam kasus bisul berulang, kelembaban daerah bokong akan mempermudah timbulnya bisul kembali.

Disarankan untuk menjaga kebersihan daerah sekitar bokong, mengeringkan ddaerah bokong dan sekitarnya setelah BAB dan BAK dengan handuk kecil atau tissue, tidak menggunakan celana dalam ataupun celana yang ketat, disarankan memakai pakaian dalam dari bahan kaos atau katun, dan rajin berganti pakaian dalam.

Lain
Apabila keluhan ini sudah berulang, disarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung.


0 komentar:

Posting Komentar