Minggu, 14 Juni 2015

Sering Sakit Pinggang? Mungkin Saraf Terjepit


Klikdokter.com - Apakah Anda sering mengalami sakit pinggang, disertai kesemutan atau sakit yang menjalar ke arah panggul, paha atau bahkan sampai jari-jari kaki?
Mungkin Anda mengalami HNP atau Hernia Nucleosus Pulposus atau seringkali secara awam disebut dengan saraf terjepit.
Hernia Nucleosus Pulposus adalah suatu kondisi di mana sebagian atau seluruh bagian tengah dari lempengan intervertebralis yang lembut dan seperti agar-agar keluar menonjol melalui bagian lemah dari lempeng secara terpaksa, sehingga gejala yang sering dialami adalah nyeri punggung karena iritasi persarafan yang terjepit oleh tonjolan tersebut.
Penyebabnya seringkali adalah trauma yang terjadi terus menerus seperti misalnya jatuh terduduk, kecelakaan, posisi tubuh yang tidak tepat dalam mengangkat barang atau duduk. Berat badan berlebihan dan kebiasaan memposisikan tubuh dengan tidak tepat juga seringkali menjadi faktor penyebab. Pada beberapa kasus juga disebabkan karena kelainan bentuk tulang belakang.
Bagian tulang belakang yang sering terpengaruh adalah bagian lumbal (di daerah pinggang) dan bagian servikal (daerah leher).
Beberapa gejala yang perlu diperhatikan secara seksama adalah: sebagai berikut:
Bagian tulang belakang yang sering terpengaruh adalah bagian lumbal (di daerah pinggang) dan bagian servikal (daerah leher).

1.   Bila bagian yang bermasalah adalah tulang belakang bagian punggung Anda maka rasa sakit akan dirasakan di salah satu bagian dari kaki, pinggul, atau bokong. Sakit dapat menjalar atau disertai kesemutan atau rasa kebas di daerah tersebut sampai ke betis dan telapak kaki. Dapat juga dirasakan rasa lemas/lemah pada kaki tersebut.

2.   Bila bagian yang bermasalah adalah tulang belakang bagian leher Anda, Anda mungkin mengalami nyeri ketika leher bergerak, nyeri yang tajam di dekat atau di atas tulang belikat, atau rasa sakit yang menjalar ke lengan atas, lengan bawah, dan jari-jari tangan. Di sepanjang bahu, siku, lengan, dan jari-jari dapat terasa kesemutan atau kebas.

Nyeri biasanya sering terjadi hanya pada satu sisi tubuh dan terjadi perlahan-lahan, hilang timbul atau semakin parah. Jika merasakan keluhan nyeri disertai kesemutan rasa kebas yang juga tidak menghilang dengan pengobatan maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.


Diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti MRI untuk memastikan apakah ada saraf yang terjepit. Hal ini perlu segera ditangani karena jika terlambat dapat menyebabkan kelumpuhan anggota tubuh terkait.


0 komentar:

Posting Komentar